Sekali lagi Desa Mojodeso Kecamatan Kapas mencatatkan dirinya dalam daftar desa inovatif dan mengedepankan penguatan kelembagaan serta peningkatan kemampuan masyarakatnya. Pada hari ini, Kamis, 23 Maret 2017 Mojodeso menyajikan Dawet Ilat Bajul Mojodeso kepada Tim Verifikasi Lomba Adipura Tingkat Nasional dalam istirahat jeda setelah melakukan penilaian titik pantau Bank Sampah Payung Sejahtera.

Tim yang terdiri dari  unsur Lembaga Swadaya Masyarakat dan Kementerian Lingkungan Hidup tersebut menikmati minuman dawet yang cendolnya terbuat dari tanaman lidah buaya (aloe vera) di sela sela melakukan penilaian atas salah satu titik pantau dalam lomba Adipura Tingkat Nasional. Minuman tradisional yang 'cendol'nya kerap dibuat dari bahan dasar beras, oleh tangan tangan terampil Mojodeso diubah berbahan dasar tanaman lidah buaya.

Dengan inovasi itu tim merasa takjub, karena olahan inovatif sejenis masih jarang ditemukan di desa lain.

Dalam kegiatan tersebut, tim didanpingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dra. Nurul Azizah, MM dengan didampingi dua orang staf. Selain Kepala Dinas, turut mengantarkan Camat Kapas, Sukirno, S.Sos, MM beserta FORKOMPIMKA dan Kasi PMD Kecamatan Kapas, Mujoanto. SH.

Penilaian yang berlangsung mulai pukul 14.30 - 16.30 WIB berlangsung lancar, terbungkus dalam suasana akrab, cair dan banyak memberikan masukan bagi perkembangan Desa Mojodeso ke depan.

Dengan menjadikan ukuran-ukuran kebersihan dan keindahan lingkungan serta pengelolaan sampah, Tim melakukan penilain terhadap tata kelola lingkungan berbasis kesadaran dan pemberdayaan masyarakat, Induk Bank Sampah Payung Sejahtera, tata kelola dan administrasi. Sambil berjalan kaki, Tim bersama rombongan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Camat dan Forkompimka menelusuri jalan jalan di sepanjang Balai Desa sampai rumah kompos dengan berjalan kaki.

Sebelum meninggalkan Mojodeso untuk menuju Kabupaten lain, Tim dari Pusat menyampaikan rasa puas dan takjub atas apa yang di lihat dan di rasakan di Desa Mojodeso Kecamatan Kapas. "Baru kali ini kami melihat langsung dan merasakan betapa Mojodeso telah mampu menjadi desa yang sedemikian maju, bersih, indah, asri dan penuh inovasi", demikian komentar juru bicara Tim Pemantau Lomba Adipura.


By Admin
Dibuat tanggal 24-03-2017
732 Dilihat