Untuk meningkatkan kemampuan peternak, meningkatkan kebersihan dan keindahan lingkungan serta mengajak petani pada pemanfaatan pupuk organik, Dinas Peternakan Kabupaten Bojonegoro melaksanakan Penyuluhan Pengelolaan Limbah Ternak di Desa Kumpulrejo Kecamatan Kapas, Kamis, 20 April 2017.
Acara yang bermaterikan penyuluhan penerapan teknologi peternakan tersebut dihadiri Kepala Bidang Agribisnis Dinas Peternakan Kabupaten Bojonegoro, Wiwik Sulistyo, S.Pt, MM beserta tim, FORKOMPIMKA Kapas dan upt terkait.
 
Dalam arahannya Wiwik menekankan pentingnya pemahaman tentang pemanfaatan limbah kotoran hewan untuk pembuatan pupuk organik. "Untuk menuju sehat, pemakaian pupuk organik dari limbah kotoran ternak sangat diperlukan demi menghasilkan beras sehat", demikian salah satu arahannya. Bahkan beliau menyarankan kepada kelompok tani ternak desa Kumpulrejo untuk sekali waktu mengadakan 'best practice' ke salah satu desa yang sudah melaksanakan itu.
 
Acara yang dihadiri oleh 30 petani tersebut juga bermaterikan praktek pembuatan pupuk organik dari limbah kotoran ternak yang dipandu oleh Abdussalam yang telah berhasil mempraktekkannya pada kelompoknya, Kelompok Tani Ternak "Rukun Mulya", Desa Bondol Kecamatan Ngambon. Dalam kegiatan yang berlangsung setengah hari iti, Abdussalam beserta anggota Kelompok Tani Ternak Desa Kumpulrejo mempraktekkan pembuatan pupuk organik dari limbah kotoran hewan dengan chopper.

By Admin
Dibuat tanggal 20-04-2017
415 Dilihat